Edward : Peningkatan Pendidikan Agama adalah Prioritas

Waykanan GL - Wakil Bupati Waykanan DR. H. Edward Antony, M.M didampingi Staf Ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan sumber Daya Manusia, Drs.Juanda, M.M menghadiri Gema Tahtiman Akhir Sanah (perpisahan siswa-siswi/santri) Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Roudhotu Tolibin Kampung Pisang Indah Kecamatan Bumi Agung, Selasa (8/5/).

Edward Antony mengatakan Program peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan merupakan program terpenting dan paling strategis dalam pembangunan agama khususnya dan pembangunan daerah pada umumnya, menurutnya, keberhasilan program tersebut akan menjadi barometer baik-buruknya kondisi masyarakat terkini dan masa yang akan datang.

Edward Antony mengungkapkan, fenomena rendahnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama di masyarakat, serta fakta sosial tentang tingginya penyimpangan sosial, seperti maraknya prilaku demoral dan anomie, tingginya kriminalitas dalam berbagai modus operandi-nya, serta menguatnya fenomena sekularisasi, deskralisasi, dan pendangkalan ajaran agama sesungguhnya merupakan tugas berat yang harus diemban oleh pendidikan agama.

“Dalam upaya mencapai keberhasilan pendidikan agama dan keagamaan itulah, maka saya memandang bahwa peran pondok pesantren, menjadi sangat penting dan strategis. sebagai bagian integral sistem pendidikan nasional, dituntut untuk secara terus menerus mengembangkan kualitas penyelenggaraannya,” tambahnya.

Pada kesempatan itu Edward Antony berpesan agar pondok pesantren dapat  terus merumuskan dan menetapkan orientasinya secara jelas dan tegas dan melakukan penyempurnaan kurikulum (isi pendidikan) yang sesuai dengan aspirasi masyarakat dan misi keislamannya.

Tak hanya itu Wakil Bupati 58 Tahun itu mengingatkan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan keagamaan, perlu membenahi secara terus menerus kualitas manajemennya.(Fik)