Kadisdik Resmikan Pelaksanaan O2SN

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus Djohansyah pimpin langsung pelepasan atlit O2SN Tanggamus untuk tingkat Kabupaten di Lapangan Kecamatan Sumber rejo Kabupaten Tanggamus, Rabu (11/4)
 
Tanggamus GL - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus Drs. Djohansyah membuka secara langsung Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kabupaten, Rabu (11/4).

Kegiatan yang terpusat dilapangan Sumber rejo Kecamatan Sumber Rejo Kabupaten setempat itu turut dihadiri oleh Camat Sumber rejo Muhammad Ngalim, beserta K3S se-Kabupaten Tanggamus.

Dalam sambutanya Kadis Pendidikan Tanggamus mengatakan, dengan melihat wajah optimis dari peserta O2SN dari Seluruh Kecamatan di Kabupaten Tanggamus, membuat dirinya senang.

"Pada kesempatan ini, saya melihat anak anak yang memiliki wajah optimis dan semangat untuk menang, membuat saya senang. Terlebih, saya menyukai event olahraga, maka setiap anak yang ada di sini harus memiliki moto, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat," kata Djohansyah. Rabu (11/4)

Djohansyah mengatakan, didalam olimpiade hendaknya tidak memiliki rasa minder ataupun perasaan takut terhadap lawan saing yang akan dihadapi. Namun, dia juga mengatakan untuk tidak berlaku sombong dan meremehkan lawan.

"Buktikan bahwa kalian siswa yang memiliki prestasi, lawan dan jangan takut dalam menjalanin event ini. Jika memiliki perasaan minder, itu akan menjadi awal kekalahan," ujar dia.

Tidak lupa, pada kesempatan itu juga dia mengimbau kepada pengawas dan juri yang bertugas mengawasi berjalannya pertandingan untuk bisa berlaku objektif dan dapat berlaku adil kepada setiap peserta O2SN.

"Kepada pengawas saya mengimbau untuk bisa memberikan nilai yang objektif. Berikan nilai yang memang layak, jika memang pantas untuk memberikan nilai yang besar, maka berikan. Semoga dengan ini bisa menghasilkan siswa siswi yang berprestasi," Pungkas Djohansyah.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Seksi Sekolah Dasar (Kasi SD) Kabupaten Tanggamus mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Surat Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI Nomor : 335/D.2/TU/2018 tanggal 16 Februari 2018 Perihal Penyelenggaraan Festival, lomba dan Olimpiade Tingkat Sekolah Dasar Tahun Anggaran 2018.

"Surat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Nomor  420/466/v.01/DP.1C/2018 tanggal 21 Februari 2018 perihal Jadwal Pelaksanaan Festival, Lomba dan Olimpiade Tingkat SD Tahun 2018. Serta Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus nomor 420/ /18/O3/2018 tanggal 27 Maret 2018 tentang Penetapan Panitia Pelaksana, Juri dan Wasit O2SN Jenjang SD Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2018," Kata Aprila Wati.

Masih kata Aprila Wati, Peserta O2SN SD Tingkat Kabupaten Tanggamus berjumlah 406 siswa dari 20 Kecamatan, yang merupakan siswa-siswi SD terbaik dalam bidang olahraga. Selain itu, para peserta didampingi oleh 128 Guru Pendamping Jenjang SD. Adapun Dewan Juri wasit yang akan memimpin setiap pertandingan

"Cabang lomba yang akan dipertandingkan yakni, atletik putra dan putri, senam putra dan putri, renang putra dan putri, bulu tangkis putra dan putri 5. Pencak Silat Putra dan putri, karate putra dan putri, bola voly mini putri, tenis meja putra putri, sepak takraw putra, catur putra dan putri dan  sepak bola putra," pungkasnya. (ir).