103 Siswa SMAN 9 Bandarlampung Terima Undangan PTN

Para siswa berprestasi dari SMAN 9 Bandarlampung peraih berbagai penghargaan, saat acara perpisahan, di Bandarlampung

Bandarlampung GL - Sebanyak 103 dari 372 siswa kelas XII SMAN 9 Bandarlampung, Provinsi Lampung dipastikan diterima melalui jalur tanpa tes undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada sejumlah kampus perguruan tinggi negeri berbagai daerah. Kepala SMAN 9 Bandarlampung Drs Suharto MPd, saat acara perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII, di Bandarlampung, Selasa (24/4) lalu, mengaku bangga dengan hasil capaian kelulusan SNMPTN siswa sekolahnya itu.

"Semua itu adalah hasil kerja keras para siswa dengan dukungan orang tua dan lingkungan sekitar maupun peran bapak dan ibu guru di sekolah kita ini," ujar Suharto pula.Ia menyebutkan, jumlah siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebanyak 372 orang dari Jurusan IPA dan IPS. Sebanyak 103 siswa ini sudah diterima pada sejumlah perguruan tinggi negeri di Lampung dan luar Lampung melalui jalur undangan (SNMPTN).
Dia berharap siswa yang lulus tahun ini mampu untuk menemukan jati diri, tetap berjuang serta selalu meraih mimpi-mimpi masa depan yang gemilang."Saya bangga dengan prestasi anak-anak dan perjuangan dewan guru di sekolah ini, semoga memberi kontribusi meraih prestasi terbaik dari sekolah ini," katanya.
Suharto berharap, siswa lainnya pada akhirnya dapat diterima melalui jalur tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) maupun pendidikan kedinasan yang tersedia.
"Apalagi SMAN 9 Bandarlampung kini dicanangkan menjadi sekolah rujukan yang mengedepan iman dan takwa serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," ujarnya.

Ia juga mengajak dewan guru sekolah ini untuk dapat mewujudkan ide dan gagasan cemerlang untuk hasil yang terbaik bagi anak-anak.Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Diona Katharina menyatakan tahun ini 100 persen siswa peserta ujian nasional di Lampung menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berkat kerja sama semua pihak untuk memajukan sekolah ini. "Apalagi SMAN 9 merupakan sekolah terfavorit di Provinsi Lampung sejajar dengan SMAN 2 Bandarlampung," katanya.
Rencananya pengumuman hasil UNBK disampaikan pada 2 Mei 2018 mendatang.Kepsek Suharto meminta para siswa yang lulus untuk tidak melakukan aksi corat-coret pada seragam sekolahnya. "Lebih baik pakaian yang sudah tidak dikenakan lagi karena telah lulus, dapat disumbangkan kepada mereka yang memerlukannya," ujarnya.

Dia menegaskan akan memberikan sanksi bagi lulusan SMAN 9 Bandarlampung yang masih melakukan coret-coret pakaian seragam maupun konvoi menggunakan sepeda motor dan mobil.Ketua Komite SMAN 9 Bandarlampung Drs Budi Harjo MIP berharap dengan kerja keras dan dukungan semua pihak di SMAN 9 Bandarlampung makin maju dan menunjukkan prestasi yang membanggakan.

"Semua ini perlu kerja keras dan dukungan orang tua maupun berbagai pihak lainnya," kata dosen FISIP Universitas Lampung yang pernah menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung.(rl)